LAYANAN UNGGULAN BEDAH UROLOGI

Konsultasi bedah urologi adalah konsultasi dengan dokter spesialis bedah urologi yang memiliki spesialisasi dalam sistem perkemihan pria maupun wanita, dan sistem reproduksi pria. Penyakit urologi yang umum di antaranya adalah kanker ginjal, kanker kandung kemih, kanker prostat, kelainan pada alat kelamin, tumor genitourinaria, dan infeksi kandung kemih. Konsultasi ini juga dapat dilakukan agar pasien siap dalam menghadapi operasi yang akan dijalani, dengan menjelaskan keuntungan dan kerugian operasi, membahas kemungkinan risiko dan komplikasi operasi, dan memberikan daftar hal yang harus dilakukan sebelum operasi.

Konsep pelayanan unggulan Bedah Urologi Rumah Sakit Umum Daerah dr. M. Yunus Bengkulu adalah pelayanan berkualitas yang dilakukan secara prima dan paripurna.

Dokter Bedah Saluran Kencing (Urologist Surgeon) RSUD dr.M.Yunus Bengkulu:

  • dr. Barry Arief Praba, SpU

Spesifikasi pelayanan unggulan bedah Urologi:

  • Tembak Batu Ginjal dengan ESWL

ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) merupakan suatu teknologi tinggi yang dapat menghancurkan batu ginjal dengan gelombang kejut, efek samping yang lebih kecil dibandingkan dengan tindakan operasi.

Angka keberhasilan tindakan ini rata-rata mencapai 90 persen, tergantung jenis dan ukuran batu. Tindakan ini memerlukan waktu sekitar 1 jam dan biasanya tidak memerlukan rawat inap. Pada kasus dengan faktor penyulit perlu perawatan lebih lama hingga rawat inap.

  • Penanganan Batu Ginjal dengan Metode PCNL

Percutaneous Nephrolithotomy dan nephrolithotripsy (PCNL) merupakan metode pengambilan batu ginjal yang berukuran sedang / cukup besar. Metode PCNL ini biasanya ditempuh apabila metode ESWL tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Tindakan PCNL dilakukan dengan membuat sayatan kecil (0,5 inci) di bagian samping belakang pasien di daerah ginjal. Melalui sayatan tersebut alat PCNL dimasukkan untuk mengambil batuginjal. Selama proses ini berlangsung pasien dikontrol oleh dokter anestesi.Dengan metode PCNL ini pasien akan lebih cepat pulih dibandingkan metode operasi yang konvensional.

Operasi Prostat dengan metode TURP (Transurethral Resection of The Prostate).

TURP merupakan pembedahan endoskopik menggunakan tenaga elektro yang bertujuan untuk mengurangi perdarahan, masa rawat inap, dan komplikasi.

TURP merupakan standar emas terapi bedah untuk pembesaran prostat jinak. Idealnya dilakukan pada prostat dengan perkiraan berat prostat < 80 gram. Tindakan ini dilakukan melalui endoskopi.

Gallery:

Jam Kerja
HariWaktu
Selasa07.00 WIB – selesai
Rabu07.00 WIB – selesai
Kamis07.00 WIB – selesai
Jumat07.00 WIB – selesai
Emergency24 jam x 7 hari

HEAD OF DEPARTMENT
dr. Barry Arief Praba, SpU

BEDAH SARAF DEP.
Hall C, floor 4